Ducati Mengancam di Assen
china gzh 2019-06-25

FIN.CO.ID, BARCELONA – Keluhan Danilo Petrucci soal lambatnya Desmosedici GP19 direspon dengan cepat oleh Ducati. Tim asal Italia itu sudah memasang komponen terbaru yang digunakan Ducati pada tes di sirkuit Catalunya.

Komponen itu diyakini telah meningkatkan performa motor tunggangan dua pembalap Ducati Andrea Dovisiozo dan Danilo Petrucci saat melibas tikungan.

Memang, keluhan sejumlah pembalap Ducati sebelumnya, sejak dulu memang kerap kesulitan saat melaju di tikungan. Ducati dianggap hanya memikirkan top speed akselerasi dan late braking.

Petrucci juga menyampaikan titik kelemahan Ducati ketika dengan mudah dilewatipembalap EcstarSuzuki dan rookie Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha SRT di tikungan cepat ketika balapan di sirkuitBarcelona-Catalunya.

Perbaikan sudah dilakukan dalam sesi tes Catalunya Senin (18/6) kemarin. Pebalap asal Italia itu telah coba komponen baru pada sasis Desmosedici GP19. Hasilnya, Petrucci mengakui ada peningkatan di corner speed tanpa mengorbankan kekuatan pengereman.

Saya adu kecepatan dengan Yamaha dan Suzuki. Kami sangat kuat dalam akselerasi dan pengereman, tetapi saya menderita di tikungan panjang. Alex menyalip saya di Tikungan 4, Fabio di Tikungan 3, karena kami tidak bisa kencang. Motor stabil, namun selalu ada masalah saat menikung, papar Petrucci di Speedweek.

Akan Tetapi pada bagian itu, motor kami tetap baik pada pengereman dan kami meningkatkan kemampuan dalam hal menikung. Jadi, itu cukup bagus, tambahnya.

Di tes kemarin, Petrucci menempati posisi ke-11. Meski demikian, dia tetap akan menggunakan komponen baru Ducati pada MotoGP Belanda nanti. Di sana, Petrucci berharap Desmosedici memiliki kecepatan di sirkuit Assen yang memiliki banyak tikungan.

Saya kira sangat bagus untuk Assen. Jadi kami mulai dengan ini. Kami (juga) menemukan banyak hal lain, untuk aerodinamika dan elektronik, katanya.

Sementara itu pembalap Ducati lainnya, Andrea Dovizioso akan menggunakan sasis baru untuk balapan di GP Belanda mendatang. Dovizioso berharap, sasis tersebut dapat memberikan dampak signifikan pada kecepatan motornya nanti.

Sasis ini sendiri sejatinya sudah dipakai Dovizioso pada tes pascabalap di sirkuit Catalunya pekan lalu. Merasa cukup puas dengan sasis itu, maka Dovizioso memutuskan untuk terus menggunakannya hingga balapan di Assen mendatang.

Dia mempunyai harapan besar bahwa dampak positif yang ia rasakan pada tes pasca musim dapat berlanjut hingga hari balapan nanti.

Saya mencoba satu sasis berbeda. Tidak mudah untuk merasakan perbedaan karena setiap kali Anda mengubah sesuatu pada sasis, itu sangat sulit. Saya senang karena saya merasakan perbedaannya, sepertinya masuk tikungan sedikit lebih baik. Ini positif, tetapi sulit untuk mengatakan berapa banyak peningkatannya,” ucap Dovizioso.

(wsa/fin)