Isco, Bidikan Lama Guardiola
china gzh 2019-06-28

MADRID – “Pancingan” yang dilakukan Real Madrid terhadap gelandangnya, Isco Alarcon, sukses besar. Meski tak memasukkannya di daftar pemain yang akan dijual, taktik yang menyebut bersedia melepasnya jika ada tawaran menarik kini “dilahap” oleh Manchester City. Pelatih mereka, Josep “Pep” Guardiola dikabarkan mau jasa sang pemain.

Situasi yang dialami Isco rupanya menjadi salah satu hal yang diamati oleh eks entrenador FC Barcelona itu. Ia tak pernah menyembunyikan ketertarikannya kepada gelandang 27 tahun, sebab dianggap jadi salah satu pemain yang sangat cocok dengan caranya memahami sepak bola. Kemapuan menahan dan menggiring bola jadi poin yang paling menarik.

Sejatinya minat Pep terhadap eks gelandang Malaga CF ini sudah ada sejak era pertama kepelatihan Zinedine Zidane di Madrid. Namun kala itu ia bersikeras tak mau melepas gelandangnya itu, sebab masih bisa jadi elemen penting. Faktanya pun demikian, sebab ia jadi pemain kunci tim berjulukan Los Merengues itu di pola 4-3-1-2.

Sekarang kondisinya telah berbeda. Zidane sedang dipercaya membangun megaproyek klub, ia bisa saja melepaskannya. Madrid saat ini perlu menyeimbangkan keungannya jika tak mau terancam sanksi finansial usai belanja besar-besaran. Menjual Isco tentu bisa menjadi salah satu sumber pemasukan yang besar.

Terlebih lagi, klub mengalami penumpukan pemain. Isco pun mendapat saingan tambahan dengan keberadaan Eden Hazard. Untuk itu, Madrid percaya ini demi kebaikan sang pemain dan juga klub. Mereka pun membanderolnya di angka 80 juta euro (sekitar Rp1,3 triliun).

Biaya tersebut tentu tidak akan jadi masalah bagi Pep di City. Pelatih 48 tahun ini membutuhkannya sebagai pengganti David Silva, yang baru saja mengungkapkan bahwa 2019/20 akan jadi musim terakhirnya di sana. Dan City, bukan klub yang “pelit” terutama jika tujuannya memperkuat skuat.

Sejauh ini mereka pun baru belanja satu pemain, yakni Zack Steffer. Kiper 24 tahun yang didatangkan hanya dengan 8 juta euro dari klub MLS, Columbus Crew. Akan tetapi, The Citizens –julukan City– kabarnya juga akan membeli pemain tengah lainnya, juga dari klub ibu kota Spanyol, yakni Rodri Hernandez dari Atletico Madrid dengan 70 juta euro.



Isu terkait kepindahan Isco yang akan dibawa jasanya oleh Pep kian dibenarkan dengan kabar bahwa beberapa waktu lalu sang pemain telah mencari hunian baru yang bukan di Madrid ataupun Spanyol. Gelandang tim nasional Spanyol ini pergi ke Inggris untuk mencari rumah di London atau Manchester. Ia terbang bersama sang kekasih Sara Salamo.

Lingkungan tempat tinggal memang selalu jadi faktor penting bagi Isco, yang sudah ditunjukkannya sejak dididik di Akademi Valencia. Seiring kepindahannya, ia akan mencari hunian di area sekitar klub yang dibelanya; misal dari Malaga ke Madrid. London jadi opsi sebab itu adalah kota besar yang penting bagi Salamo yang akan ikut pindah juga.***TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER