Komedo Terus Balik Lagi? Mungkin Kamu Punya Kebiasaan Buruk Ini
china gzh 2019-07-10

Suara.com - Tak ada yang lebih menyebalkan bagi perempuan selain tumpukan komedo yang terus muncul. Meski kamu rajin membersihkan wajah, bahkan rutin mengeluarkan komedo, entah kenapa komedo seperti betah di wajah kamu. Kenapa, ya?

Faktanya, persoalan komedo muncul lagi bukan sekadar perkara kebersihan wajah. Mungkin, kamu punya kebiasaan buruk yang memicu komedo terus balik lagi. Apa saja? Ini dia:

1. Memencet komedo keluar
Memang gemas, sih, melihat komedo menumpuk di hidung. Tapi, memaksa mengeluarkan komedo dengan cara memencetnya justru malah bisa memperparah kondisinya. Tangan kamu belum tentu bersih, sehingga bisa saja kotoran yang ada di tangan malah masuk ke pori-pori dan memicu masalah yang lebih parah, misalnya jerawat.
2. Tidak melakukan perawatan khusus komedo
Ada beberapa perawatan khusus komedo yang bisa membantu mengenyahkannya. Tak cuma pore pack, tapi ada juga BHA (Beta Hydroxy Acid) yang disebut-sebut ampuh melawan komedo membandel.

3. Terlalu sering membersihkan muka
Sering membersihkan muka bukan berarti komedo jadi lenyap. Malah bisa bikin komedo jadi datang lagi. Terlalu sering membersihkan muka, baik pakai sabun muka atau pembersih lainnya, bisa memicu iritasi yang justru dapat memicu komedo.

4. Pakai scrub di area berkomedo
Menggosok scrub di bagian wajah y ang berkomedo tidak akan menyingkirkan komedo. Kamu hanya akan mengikis lapisan teratas dari komedo. Ditambah lagi, scrub akan menghilangkan sebum dari permukaan kulit, yang nantinya malah akan memicu produksi minyak yang lebih banyak lagi sehingga komedo akan terus muncul.

5. Malas membersihkan makeup
Sisa makeup di wajah adalah salah satu yang jadi penyebab komedo sering datang lagi. Jadi, khusus buat kamu yang rentan berkomedo, atau memiliki kulit wajah berminyak, jangan malas membersihkan wajah dari sisa makeup, ya.