9 BUMN Ekspansi Bisnis ke Laos
china gzh 2019-06-27

9 BUMN Ekspansi Bisnis ke Laos


JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjajaki peluang kerjasama bisnis sejumlah perusahaan BUMN dengan Laos.

Sektor yang terlibat di antaranya bidang infrastruktur dan transportasi, bidang pertambangan, dan bidang pertanian. Menteri BUMN Rini Soemarno memandang Laos sebagai negara dengan potensi sumber daya alam yang sangat besar, serta memiliki banyak peluang bisnis yang bisa dikolaborasikan dengan BUMN Indonesia.

“Tim kami telah melakukan survei dan pertemuan dengan peme rin tah pusat dan daerah di Laos, serta perusahaan mitra di Laos. Kami melihat beberapa peluang bis nis yangdapat di kembang kan bersama di bidang per tam bangan, pertanian, dan infrastruktur,” kata Rini dalam keterangan rilisnya di Jakarta kemarin.

Menteri Rini menyaksikan pe nanda ta nganan nota kesepahaman kerja sama sejumlah BUMN Indonesia dengan Phonsavanh Group yang telah mendapat dukungan dari pemerintah La os, yaitu Petrotrade dan Phaiboun Trading Import and Export.

Pada bidang infrastruktur dan transportasi, Indonesia Rail way Development Consortium (IRDC) yang terdiri dari PT Industri Kereta Api (persero), PT LEN Industri (persero), PT Ke reta Api Indonesia (persero) dan PT Waskita Karya (persero) Tbk sepakat menjajaki kerja sama dengan Petrotrade dalam bidang pengembangan jalur kereta api dari Thakek di Laos ke Pelabuhan Vung Ang di Vietnam.

Untuk bidang pertambangan, PT Timah Tbk bersama PT Pupuk Indonesia (persero) melakukan kerja sama dengan Petrotrade dalam bidang pertambangan. PT Timah Tbk dengan Petrotrade bersepakat untuk melakukan eksplorasi area pertambangan prospektif hingga proses pengolahan.

Eksplorasi dari pertambangan yang akan di lakukan tersebut salah satunya bertujuan menemukan sum ber baru bahan baku pupuk NPK, yaitu KCL (kalium klorida). Untuk hal itu, PT Pupuk Indonesia siap andil sebagai offtaker yang akan menyerap bahan baku pupuk tersebut.

PT Perkebunan Nusantara bersama PT Pupuk Indo nesia dan Perum Bulog juga menjalin kerja sama dengan Phaiboun Trading Import and Export.

heru febrianto