5 Kuliner Khas Sumedang, Meski Sederhana Namun Rasanya Mantap
china gzh 2019-06-26

Sumedang adalah salah satu wilayah kabupaten di provinsi Jawa Barat. Letaknya sekitar 45 kilometer dari kota Bandung. Sumedang merupakan jalur utama yang sering dilewati kalau kamu ingin berkunjung ke Cirebon, dari kota Bandung. Oleh karena itu, tidak heran kalau setiap harinya banyak juga orang yang singgah di Cirebon.

Membicarakan tentang kota Sumedang, kita pasti langsung teringat dengan tahu Sumedang. Karena memang makanan yang satu ini sudah sangat populer, dan mudah ditemukan hampir di seluruh pelosok Indonesia. Nah kalau kamu berkunjung ke Sumedang, cobalah untuk mencicipi lima kuliner khas Sumedang berikut ini.

1. Tahu Sumedang

instagram.com/joko_hidayati

Bahan utama dalam membuat tahu sumedang adalah sama seperti membuat tahu pada umumnya, yakni kacang kedelai. Akan tetapi tahu ini setelah digoreng akan menghasilkan bentuk yang berbeda dari tahu goreng biasanya. Karena pada proses pembuatannya memakai sisa penggumpalan tahu dan asam cuka, dan disimpan selama 2-3 hari.

Oleh karena itu tahu Sumedang biasa mengalami perubahan beberapa jam setelah digoreng, jika dibuat tanpa pengawet. Rasa gurih bisa menjadi asam, dan kulit yang garing akan menjadi liat. Tapi bisa diakali dengan menyimpannya di kulkas, dan digoreng dalam minyak yang sangat panas.

Rekomendasi tempat membeli tahu Sumedang :

  1. Tahu Palasari Sumedang, alamat : Jl. Mayor Abdurahman No.153, Kotakaler, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
  2. Tahu Citarasa, alamat : Jl. Mayor Abdurahman No.120, Kotakaler, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
  3. Yoe fo Tahu Sumedang, alamat : Jl. Mayor Abdurahman, Cimuja, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

2. Nasi Tutug Oncom

instagram.com/jengindah

Oncom, makanan ini banyak ditemukan di Desa Pasireungrit, Kecamatan Paseh. Namun Oncom sudah terkenal di seantero Jawa Barat, dan mancanegara. Oncom di desa Pasireungrit biasa dibuat dari ampas ketela, dan dicampur dengan olahan kacang tanah yang disebut bungkil.

Nasi tutug oncom adalah nasi yang dicampur dengan oncom yang sudah di goreng atau dibakar. Tutug dalam bahasa sunda artinya menumbuk. Proses mengaduk dan menumbuk, mencampur nasi dengan oncom inilah yang membuat hidangan ini disebut nasi tutug oncom.

Rekomendasi tempat makan nasi Tutug Oncom di Sumedang :

  1. Tutug Oncom KAJOJO, alamat : Jl. Angkrek No.18a, Kotakaler, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 
  2. Nasi Tutug Oncom JUL'JOL, alamat : Jl. H. Sulaeman, Talun, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

3. Soto Bongko

deskgram.net/sajiansedap

Kuliner yang satu ini biasa disantap oleh masyarakat di Sumedang sebagai sarapan di pagi hari. Kata bongko sendiri memiliki arti gumpalan besar. Soto ini dinamakan Soto Bongko karena soto biasanya disajikan dengan lontong yang dibungkus. Lontong untuk soto ini biasa dibuat dalam ukuran besar.

Dalam satu porsi soto, biasanya ada isi tauge rebus, tahu sumedang, lontong, dan ayam yang disiram dengan kuah kari bersantan yang kental dan gurih. Sebagai pelengkapnya biasanya soto ini disajikan dengan tambahan bawang goreng, kecap manis, emping, dan sambal.

Penjual Soto Bongko bisa ditemukan dengan mudah di Sumedang, atau kamu bisa mencoba mencicipi Soto Bongko di :

  1. Kupat Tahu - Soto Bongko Mang Onni, alamat : klinik Bunda Medika, Jalan Raya Wado - Sumedang No.depan, Kotakaler, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

4. Ubi Cilembu

instagram.com/gelaelbali

Ubi Cilembu berbeda dengan ubi lainnya, namun ubi ini mirip dengan ubi madu. Ubi ini memiliki keunikan ketika dipanggang ubi ini akan mengeluarkan getah yang meleleh, dan mempunyai cita rasa manis seperti madu. Ketika digigit, ubi ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk.

Ubi Cilembu merupakan produk unggulan dari pemerintah Kabupaten Sumedang, dan sudah mulai terkenal sejak tahun 1990-an. Rasa manisnya membuat banyak orang gemar untuk menyantap ubi Cilembu, dan memburunya untuk oleh-oleh.

Ubi Cilembu biasanya banyak dijual di pinggir jalan di Sumedang, namun kalau kamu ingin membelinya dalam jumlah banyak kamu bisa mengunjungi tempat berikut ini :

  1. Rahayu Jaya Ubi, alamat : Dusun Lebak Jawa, RT. 03 / 02, Desa Cilembu, Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
  2. Pusat Ubi Cilembu, alamat : Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

5. Opak Ketan

tokopedia.com/arbiefood

Opak merupakan salah satu jenis kuliner asal Jawa Barat yang sudah populer ke seluruh Indonesia. Biasanya opak dibuat dengan memakai bahan baku singkong. Masyarakat Sumedang juga mempunyai kreasi olahan opak sendiri. Namun uniknya mereka tidak memakai singkong saat membuat opak, melainkan menggunakan beras ketan.

Opak khas Sumedang yang banyak dicari oleh para wisatawan adalah opak Conggeang dan opak Cimanggung. Diantara keduanya tentu terdapat perbedaan. Opak Conggeang dibuat dari sari kelapa yang khas dicampur dengan beras ketan pilihan, dan bisa ditemukan di pertigaan Jalan Conggeang, Buah Dua, dan Ujungjaya, Sumedang.

Sedangkan opak Cimanggung dibuat dengan memakai santan kelapa, dan di masa lalu merupakan makanan kegemaran raja dan para bangsawan yang tinggal di wilayah Kerajaan Sumedang Larang. Baik opak Conggeang dan opak Cimanggung keduanya sama enaknya.

Kalau kamu ingin mencicipi opak khas Sumedang ini, tidak sulit untuk mencarinya karena banyak penjualnya. Namun kamu juga bisa mendapatkannya di tempat berikut ini :

  1. Opak Oded, alamat : Jl. Legok - Conggeang, Conggeang Wetan, Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
  2. Oleh Oleh Khas Sumedang, alamat : Jl. Mayor Abdurahman 31 Komplek Pujasera Sawopolo Sumedang Utara, Kotakaler, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

Itulah beberapa kuliner khas Sumedang yang harus kamu cicipi ketika mengunjungi kota tersebut. Dari kelima makanan diatas, kira-kira yang mana nih yang jadi favorit kamu? Ragam kuliner khas Sumedang memang kelihatannya sederhana banget ya, tapi cita rasanya tetap lezat dan mampu menggugah selera loh. Karena itu jangan lupa cicipi ya aneka kuliner khas Sumedang di atas!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.