Mata Bengkak di Pagi Hari? Hindari Memakai Produk Makeup yang Satu Ini Sebelum Tidur
china gzh 2019-07-05

Pasti banyak dari Anda yang bertanya-tanya kenapa Anda bisa memiliki mata bengkak di pagi hari. Padahal Anda cukup tidur atau kelelahan di hari sebelumnya. Ternyata menurut pakar kesalahannya ada pada rutinitas perawatan kulit Anda di malam hari atau sebelum tidur.

Menjaga kondisi kulit di sekitar mata agar tetap terhidrasi pasti jadi rutinitas pada wanita di malam hari. Selain menghindari kerutan tentu saja tujuan menjaga kesehatan area mata untuk untuk menghilangkan lingkaran hitam. Namun, Anda harus tahu kalau ternyata pemakaian pelembap yang berlebihan di area mata justru menimbulkan efek yang sangat Anda takuti, yaitu mata bengkak.

Kalau Anda terbiasa mengoleskan pelembap siang atau malam di sekitar area mata, mungkin sekarang waktunya untuk mempertimbangkannya kembali. Dilansir dari Good Housekeeping, Emma Brown, ahli kecantikan selebriti dan pakar perawatan kulit di Time Bomb, mengatakan kalau pelembap yang kaya sangat tidak baik untuk area mata.

"Menggunakan pelembap yang kaya bisa membuat sirkulasi darah di sekitar mata melambat yang memperbesar kemungkinan terjadinya bengkak dan kantung hitam di bawah mata," jelas Emma. Itu karena kandungan pelembap yang terlalu kaya memengaruhi area yang sensitif di bagian bawah mata.

"Kulit halus di sekitar mata hanya bisa menyerap beberapa produk kecantikan. Setelah kulit menyerap semua produk perawatan, maka produk yang tersisa akan tertinggal di permukaan kulit. Setiap kali mengedip bulu mata akan memindahkan produk lebih dekat (atau bahkan ke dalam) mata. Hal itu kemudian akan menyebabkan iritasi, darah melambat, drainase limfatik yang memburuk, dan retensi air, yang semuanya akan menyebabkan mata bengkak," jelas Emma.

Namun, bukan berarti Anda tidak perlu lagi mengaplikasikan apa-apa di area mata Anda. Kurangi penggunaan pelembap di area mata dan ganti dengan produk krim mata yang lebih ringan sehingga tidak akan membebani kulit di sekitar mata Anda. 

Emma menyarankan untuk mengaplikasikan krim mata dengan cara yang benar. "Hindari mengaplikasikan krim mata terlalu dekat dengan garis bulu mata karena bisa dengan mudah menyebabkan iritasi," tambahnya.

Cobalah aplikasikan tips di atas dalam rutinitas perawatan kulit Anda di malam hari untuk menghindari mata bengkak atau berkantung hintam saat bangun tidur. Tidak mau disangka habis menangis semalaman, kan?

Cover: 123RF