7 Tips Agar Tubuh Tidak Mudah Sakit dan Terhindar dari Penyakit
china gzh 2019-06-24

Setiap orang tentunya tidak ingin jatuh sakit, tetapi beberapa orang terkadang sering mengalami demam, flu, sakit tenggorokan, sakit punggung dan lain sebagainya. Agar bisa terhindar dari beberapa penyakit di atas, kamu perlu melakukan gaya hidup sehat yang dapat menunjang daya tahan tubuh. Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa tips di bawah ini sehingga tubuh kamu semakin kenal terhadap penyakit.

1. Kurangi terpapar udara dingin

earth.com

Di Indonesia yang hanya memiliki dua musim, yaitu kemarau dan hujan. Tetapi karena Indonesia termasuk negara tropis yang cukup panas, ruangan ber-AC kadang menjadi solusi. Tetapi jika kamu terlalu lama terpapar udara dingin dari AC, makan tubuh kamu menjadi tidak enak dan kamu bisa terkena flu akibat suhu tubuh yang tidak stabil.

2. Kurangi stres

unsplash.com/@christnerfurt

Ada banyak dampak buruk jika kamu stres berkepanjangan, maka pembentukan hormon kortisol juga akan terlalu lama. Hal ini akan membuat sistem imun dalam tubuh kamu jadi menurun. Karena itu, jika kamu perhatikan setiap orang yang sakit dan menjadi stres berkepanjangan maka sulit baginya untuk sembuh dari penyakit yang diderita.

3. Olahraga

unsplash.com/@curtismacnewton

Selain dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh kamu, olahraga juga dapat meningkatkan kinerja sel darah putih dan menurunkan level stres dari dalam tubuh. Lakukan olahraga minimal tiga sampai lima kali dalam satu minggu dan sesuaikan jenis olahraga sesuai umur dan berat badanmu.

4. Bersihkan handphone dan tangan

digitaltrends.com

Jika kamu setiap hari memegang gadget atau handphone dan meletakkan benda tersebut di mana saja, maka itu akan menjadi sarang penyakit atau kuman. Selain itu, tangan kamu yang sering melakukan banyak hal seperti menerima uang, berbelanja dan memegang benda lainnya juga menjadi tidak steril. Jadi mulai sekarang jangan lupa untuk memberikan handphone atau paling tidak tanganmu setiap sebelum kamu makan atau menyentuh bagian tubuh yang rentan terhadap kuman dan bakteri.

5. Banyak konsumsi air putih

drweil.com

Air putih yang dimaksud adalah air mineral yang dapat membantu metabolisme tubuh dan memperbaiki sistem imun. Sulit untuk mengeluarkan racun dalam tubuh jika kamu sangat sedikit mengonsumsi air mimeral.

6. Perbanyak tidur

unsplash.com/@all_who_wander

Jika kamu memiliki banyak aktivitas yang membuat kamu sedikit tidur setiap harinya, maka sebaiknya kamu mulai perbanyak waktu untuk mengistirahatkan tubuhmu. Khususnya apabila kamu hanya tidur sekitar dua sampai tiga jam dalam sehari, ini akan mudah membuatmu mengalami penuaan. Kebutuhan tidur setiap orang umumnya sekitar enam sampai delapan jam sehari sehingga tubuh bisa recovery, memperbaiki sistem imun, dan terhindar dari gangguan hormonal.

7. Kurangi penggunaan antibiotik

unsplash.com/@freestocks

Kebanyakan orang membeli dan mengonsumsi antibiotik tanpa resep dari dokter ketika terkena penyakit ringan seperti flu dan sebagainya. Hal ini sangat keliru, karena sebagian besar penyebab penyakit seperti batuk, flu dan demam adalah virus bukan bakteri. Virus tidak akan mati dengan mengonsumsi antibiotik, kecuali jika kamu sudah terinfeksi bakteri maka kamu bisa mengonsumsi antibiotik dan tetap harus berkonsultasi dengan dokter. Penggunaan antibiotik yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi tubuh dan kuman, sehingga fungsinya menjadi tidak efektif lagi.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan di rumah untuk terhindar dari penyakit. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.