Rusia Sebut Sanksi Baru AS pada Iran Ilegal
china gzh 2019-06-25

Para pemimpin Iran yakin akan mampu mengatasi sanksi eonomi yang dikenakan AS karena tidak didukung Eropa dan beberapa negara lain minta pengecualian

MOSKOW – Rusia mengecam sanksi baru yang dijatuhkan Amerika Serikat terhadap Iran dan menyebutnya sebagai langkah yang ilegal.

Namun Juru bicara Presiden Vladimir Putin, Dmitry Peskov enggan menjelaskan langkah apa yang akan diambil Rusia untuk melawan sanksi AS terhadap salah satu sekutunya itu.

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri Iran juga mengecam keras serangkaian sanksi baru yang juga menargetkan Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei, dan Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif.

Juru bicara Kemlu Iran, Abbas Mousavi, menuturkan sanksi baru AS terhadap pemimpin Iran menjadikan jalur diplomasi antara kedua negara berakhir.

“Memberlakukan sanksi yang tidak berguna kepada Pemimpin Tertinggi Khamenei dan Komandan Diplomasi Iran, Menlu Zarif, adalah penutupan permanen jalur diplomasi,” papar Mousavi melalui Twitternya, Selasa (25/6/2019), seperti dikutip Reuters.

“Pemerintahan putus asa Presiden Donald Trump menghancurkan mekanisme internasional yang telah mapan untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia,” tambahnya.