4 Stadion Indonesia Jadi Sorotan Media Asing untuk Venue Piala Dunia
china gzh 2019-07-03

Stadion Gelora Bung Karno yang dicalonkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 menjadi sorotan media asing.

– Empat stadion megah di Indonesia yang diperbolehkan FIFA untuk menggelar ajang kelas dunia menjadi sorotan media asing asal Amerika Serikat, FOX Sports. Hal ini terjadi menyusul isu pencalonan Indonesia dan Australia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Keempat stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dan Gelora Sriwijaya.

Bonek Mania di Stadion Gelora Bung Tomo.

GBK menjadi sorotan utama dengan embel-embel markas dari Timnas Indonesia. Stadion ini dideskripsikan sebagai salah satu stadion terbesar sepanjang sejarah dengan kapasitas 110 ribu penonton. Namun, kapasitas GBK telah dikurangi usai dilakukan dua kali renovasi.

Selanjutnya, GBT merupakan stadion terbesar kedua di Indonesia yang terletak di Surabaya dengan kapasitas 55 ribu penonton. Ini merupakan markas dari Persebaya yang berlaga di kasta tertinggi liga sepak bola nasional.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

FOX Sports pun menyebutkan bahwa GBLA adalah salah satu stadion terbaik Indonesia yang dimiliki pemerintah provinsi. GBLA adalah markas dari salah satu raksasa Indonesia, Persib Bandung, sejak pertama kali dibuka pada 2016.

Terakhir, Stadion Gelora Sriwijaya yang merupakan markas Sriwijaya FC akan dilakukan penambahan kapasitas penonton jika terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia. Stadion yang terletak di Palembang ini sendiri sebelumnya telah menggelar ajang bergengsi yakni Asian Games 2018.

Indonesia sendiri sebelumnya dikabarkan akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama salah satu dari enam kandidat wakil ASEAN lainnya. Namun, kelanjutan dari kabar tersebut masih belum jelas usai Thailand membatalkan diri akibat alasan dana.