Amankah Ambroxol untuk Mengobati Batuk dan Encerkan Dahak Anak?
china gzh 2019-07-19

Ambroxol untuk batuk dna dahak anak/ Foto: iStock

Jakarta - Saat anak batuk sudah tentu rewelnya bukan main. Bunda dan Ayah pun jadi pusing menghadapi mereka. Terutama saat malam hari, anak biasanya akan jauh lebih rewel karena kesulitan tidur akibat dahak yang bersarang di tenggorokan.
Menghadapi situasi ini, beberapa orang tua kemudian memutuskan untuk memberikan ambroxol ke anak-anak mereka. Bunda salah satunya?
Melansir Pediatricioncall, Ambroxol masuk ke dalam golongan obat mukolitik, yaitu jenis obat yang digunakan untuk mengencerkan dahak. Obat ini biasanya digunakan untuk memecah dahak tebal atau berlebihan saat batuk.

Di beberapa negara, obat ini dijual secara bebas untuk mengobati bronkitis juga lho. Saat akan diberikan pada anak-anak, diberlakukan dosis sesuai umurnya, Bun. Ambroxol sudah boleh diberikan pada anak usia 2 - 12 tahun.
Pada anak-anak berusia 2 - 6 tahun, dosisnya hanya 7,5-15 mg dan diminum tiga kali sehari. Sedangkan, pada anak usia 6 - 12 tahun, dosis yang disarankan 15-30 mg dan diminum dua hingga tiga kali sehari.

"Ambroxol bisa jadi terapi sekretolitik untuk penyakit bronkopulmoner yang berhubungan dengan sekresi lendir abnormal dan gangguan transportasi lendir. Obat ini akan membersihkan lendir dan meredakan batuk mengganggu. Sehingga, pasien bisa bernapas lebih lega," kata Mario Malerba dan Beatrice Ragnolo dari University of Brescia, Italia, dikutip HaiBunda dari laman Taylor & Francis Online.
Menurut sebuah ulasan Sage Journals, obat-obatan yang masuk dalam kategori mukolitik berguna untuk meredakan gejala batuk dengan mengurangi lendir. Ambroxol akan bekerja dengan memberi efek stimulasi pada pembersihan mukosiliar hidung dan meningkatkan efektivitas batuk melalui sifat mukokinetik dan merangsang skresi surfaktan.
Obat-obatan jenis ini sudah dijual di pasaran lebih dari 50 tahun dalam bentuk galenic, termasuk ampul untuk penggunaan parenteral yang biasanya dipakai untuk mengobati sindrom gangguan pernapasan bayi. Tapi ingat ya, Bun, para ahli medis tidak ada yang merekomendasikan ambroxol untuk anak di bawah dua tahun.
Bunda tertarik untuk mencobanya? Akan lebih baik kalau melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter ya, Bun!
Simak juga cara membuat obat batuk dengan cara rumahan dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rdn) Share yuk, Bun!

link telah dicopy