Mobil Klasik yang Cocok Bergaya Rally Look
china gzh 2019-07-10

JAKARTA, - Punya mobil klasik, bukan berarti enggak bisa tampil sporty. Apalagi, jika mobil klasik tersebut juga punya sejarah di dunia balap. Di Indonesia, ada beberapa mobil klasik yang cocok jika dimodifikasi bergaya rally look.

Erick Anindyo, pendiri Rally Look Indonesia, mengatakan, sebenarnya mobil apa pun bisa dimodifikasi bergaya rally look, tinggal bagaimana memadu padankan aksesori yang menunjang penampilan mobil reli.

"Kan rally look itu hanya tampilan saja seperti mobil reli, tidak perlu harus mobil reli. Tapi, memang kelihatan lebih keren jika yang dipakai adalah mobil yang digunakan untuk ajang balap reli, seperti Daihatsu Charade, Mitsubishi Eterna, Toyota Starlet, atau BMW E30," ujar Erick, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

1. Daihatsu Charade
Desain yang kecil dan kompak, membuat mobil ini jadi unggulan untuk balapan. Walaupun terlihat mungil, namun Charade juga punya sejarah balap di dunia reli. Di situs jual-beli kendaraan bekas, masih ada yang menjual mobil ini dengan kisaran Rp 10 jutaan hingga Rp 25 jutaan. Daihatsu juga memproduksi varian turbo untuk Charade.

2. Mitsubishi Eterna
Sebagian orang mengenal mobil ini sebagai Mitsubishi Galant generasi ke-6. Tepatnya, generasi sebelum Galant V6 dipasarkan. Selain desain bodinya yang menarik, performanya juga sudah diakui kehebatannya. Eterna bahkan pernah dinobatkan sebagai Car of the Year Japan tahun 1987 dan Import Car of the Year dari majalah Motor Trend tahun 1989. Eterna sekarang ini harga jualnya ada di kisaran Rp 25 jutaan hingga Rp 50 jutaan.

3. Toyota Starlet
Mobil yang satu ini bisa dibilang masih cukup banyak melintas di jalan. Sekarang, pemiliknya kebanyakan juga anak muda. "Toyota Starlet di Indonesia paling banyak generasi ketiga dan keempat. Generasi ketiga banyak disebut sebagai Starlet kotak dan generasi keempat dengan Starlet kapsul," kata Erick.

Starlet kapsul dikenalkan dengan tiga varian, antara lain XL, SE, dan SE-G. Khusus untuk varian turbo (GT), dibawa masuk oleh importir umum dan jumlahnya sangat terbatas. Melihat dari situs jual-beli kendaraan bekas, mobil ini dijual di kisaran Rp 30 jutaan hingga Rp 50 jutaan untuk Starlet kapsul dan untuk Starlet kotak, harganya sekitar Rp 20 jutaan hingga Rp 35 jutaan.

4. BMW E30
Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1982. Sekarang, usia BMW E30 sudah lebih dari 3 dekade. Meski demikian, E30 masih eksis dipergunakan dalam berbagai kejuaraan balap mobil, mulai dari drifting, touring, dan reli. Di Indonesia, BMW E30 hanya terdapat satu tipe, yaitu 318i yang mesinnya menyimpan tenaga sebesar 101-114 tk. Harganya kini berkisar di Rp 25 jutaan hingga Rp 50 jutaan, tergantung dari tahun dan kondisi.