Kenali Kode Label pada Buah yang Kamu Beli, Cek Dulu Artinya!
china gzh 2019-07-02

Kamu sering membeli buah di pasar atau supermarket? Kalau kamu membeli buah di pasar pastinya kamu hanya perlu mengecek kualitas dari buah tersebut, apakah masih bagus dan layak untuk dimakan atau tidak. Namun, bila kamu membeli buah di supermarket, apakah kamu tahu apa saja yang harus di cek? Tidak hanya dari segi bentuk tampilan buahnya saja, tetapi kamu juga perlu tahu dan memperhatikan stiker label yang terdapat pada buah tersebut. Buah yang dijual di supermarket biasanya memiliki kode-kode tertentu yang ada pada stiker. Stiker tersebut merupakan kode PLU (Price Look Up) digital yang berisi tentang informasi penting mengenai buah tersebut. Apakah kamu sudah mengenal tentang kode label tersebut? Kalau belum, yuk kita cek arti dari kode label pada buah tersebut!

 

Buah yang Tidak Terdapat Stiker Kode PLU



Sumber : Lifestyle.okezone.com


Kamu membeli buah yang tidak terdapat stiker kode PLU-nya? Seharusnya, buah-buah impor yang dijual di supermarket memiliki label stiker tersebut. Bila tidak memilikinya, bisa jadi berbahaya karena ada kemungkinan telah dilepas karena alasan dan sebab tertentu. Kalau kamu membeli buah yang tidak terdapat stiker tersebut, alangkah lebih baik kamu bertanya terlebih dahulu informasi dari buah tersebut kepada petugas agar kamu tidak salah membelinya. Misalnya, apakah buah tersebut sudah disimpan lama atau buah itu masih muda atau sudah tua dan matang.

 

Kode 4 Digit yang di Awali Angka 3 atau 4



Sumber : Kaltim.tribunnews.com


Bila buah yang kamu beli memiliki stiker yang bertuliskan 4 digit angka, itu berarti buah tersebut diproduksi dengan bantuan teknik agronomik yang termasuk dalam penggunaan pupuk dan pestisida. Namun, pestisida yang digunakan sangatlah rendah sehingga tidak beracun dan aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi perlu kamu ingat, walaupun pestisidanya tergolong rendah, kamu harus mencucinya dengan air bersih terlebih dahulu ya, sebelum kamu konsumsi agar kuman, residu pestisida dan bakteri tersebut hilang.

 

Kode 5 Digit yang di Awali Angka 8 atau 9



Sumber : Kumparan.com


Kode 5 digit yang di awali dengan angka 8 pada stiker artinya buah tersebut telah dimodifikasi secara genetika dalam proses pertumbuhannya. Kebanyakan buah seperti melon, pepaya, maupun pisang termasuk buah yang tergolong sering dimodifikasi secara genetika. Walau begitu, buah tersebut aman untuk dikonsumsi. Jangan lupa, bila ada buah yang memiliki kode 5 digit dan di awali dengan angka 9, itu tandanya buah tumbuh sesuai dengan standar organik USDA. Standar tersebut memiliki metode pertanian dan diproduksi secara alami, tanpa penggunaan zat kimia, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk tubuh.

 

Sekarang kamu sudah mengetahui kan arti dari kode label yang terdapat pada buah tersebut? Jangan sampai salah membeli lagi ya! Selalu perhatikan hal tersebut sebelum kamu membelinya. Nah, berikut ini Pergikuliner sudah menyiapkan beberapa referensi aneka olahan buah-buahan yang sehat dan juga nikmat, silahkan datang dan nikmati langsung ya!