Coba Tebak, Apa Warna Bola di Gambar Ini?
china gzh 2019-06-24

Telko.id, Jakarta – Tahukah Anda, apa warna bola di gambar ini? Ilusi optik baru di gambar tersebut telah membingungkan warganet. Ilusi optik ini menunjukkan bidang warna yang bervariasi di antara deretan garis

Sekilas, bola-bola itu tampak berwarna biru, merah, dan hijau. Padahal, mereka sebenarnya berwarna merah muda atau pink.

Gambar tersebut menunjukkan apa yang dikenal sebagai ilusi Munker-White. Bergantung pada warna di sekitarnya, objek mungkin tampak berbeda.

Jika ada satu ketika ilusi optik tampak sangat jelas, persepsi itu tidak selalu kenyataan. Itulah sebabnya kadang gambar yang viral ini sekilas tampak hijau, merah, atau biru, padahal sebenarnya merah muda.

{Baca juga: Ilmuwan Ungkap Foto ‘Black Hole’ untuk Pertama Kalinya}

Dalam sebuah tweet dari David Novick, seorang Profesor Pendidikan Teknik dan Kepemimpinan dari University of Texas di El Paso, menampilkan sebuah gambar menunjukkan bola berwarna yang tampak berbeda mengambang di tengah garis merah, biru, dan hijau.

Akhirnya terungkap kebenaran yang jauh lebih menarik daripada persepsi awal kita tentang gambar tersebut. Novick mengatakan, bola yang awalnya tampak berbagai warna yang berbeda, sebenarnya semua warna yang sama.

“Ilusi confetti tiga warna dengan bulatan, yang nampak kekuningan, kemerahan, dan ungu tetapi sebenarnya memiliki warna dasar coklat muda yang persis sama (RGB 255.188.144),” tulisnya dalam tweet.

Seperti yang ditunjukkan dalam gambar, bola yang berada di depan garis berwarna dan bukannya di belakangnya. Masing-masing lingkaran yang sama seperti pada gambar sebelumnya, sebenarnya berwarna merah muda pucat, seperti yang dilaporkan mata ke otak.

{Baca juga: Insinyur Belanda Bikin Lima Rumah Gunakan Printer 3D}

Untuk membuat sifat gambar lebih sulit dipahami, warna bola cenderung berubah tergantung pada area gambar mana yang menjadi fokus mata orang yang melihat.

Dengan mengalihkan mata anda dan mengembalikannya, bola yang sebelumnya tampak berwarna ‘biru’,  berubah menjadi tampak hijau.

Menurut analisis penulis sains Phil Plait untuk SyFy Wire, ilusi, seperti semua ilusi optik lainnya menggarisbawahi keterputusan antara data mentah dan informasi. Data tersebut kemudian diproses oleh otak manusia.

Warna yang dirasakan oleh penglihatan manusia memperhitungkan bukan hanya warna objek yang dilihat, tetapi warna yang mengelilinginya.

Dengan kata lain, dengan mengubah warna garis-garis yang berlari melintasi bola, juga akan mengubah persepsi kita tentang warna bola itu sendiri.

Fenomena optik ini dikenal sebagai ilusi Munker-White. Menggambarkan proses otak manusia mengatur informasi warna-warni, berdasarkan pencahayaannya.

Menurut ahli ilusi optik Michael Bach, jenis ilusi ini ‘menunjukkan seberapa besar persepsi warna dipengaruhi oleh lingkungan.’

Selain secara umum hal ini menarik, ternyata ilusi ini juga menunjukan bagaimana indera kita seringkali tidak cukup ketika harus menentukan kebenaran.

Di antara contoh paling terkenal dari kekuatan ilusi indera adalah apa yang biasa disebut sebagai ‘The Dress’. Ilusi berupa sepotong pakaian yang tampak biru, hitam putih dan emas tergantung orang yang mengamati.

{Baca juga: Netizen Temukan Penampakan Aneh di Foto Ini, Coba Tebak!

Selain itu, ada juga ilusi teka-teki pendengaran yang dikenal sebagai “Yanny dan Laurel.” Pendengar harus bisa membedakan apakah suara dalam rekaman audio mengucapkan ‘Yanny’ atau ‘Laurel.

Masih bingung? Lihat video di bawah ini :

Sumber: Dailymail